11 Aneka Resep Kuliner Tradisional Berbahan Telur Rebus Yang Menarik Hati Selera

Siapa bilang telur rebus tidak mampu dimasak menjadi kuliner enak? Kalau kreatif dan punya banyak rujukan aneka kuliner telur rebus, kita juga mampu kok memasak banyak sekali kuliner enak nan yummy berbahan telur rebus yang menarik hati selera.

Tak dipungkiri jikalau dimakan begitu saja, rasa telur rebus memang kurang menyenangkan. Gurih memang, tapi tetap saja hambar.

telur rebus

Nah, oleh sebab itu, kita wajib mempunyai rujukan aneka resep kuliner telur rebus biar kita mampu mengolah telur rebus menjadi kuliner yang enak dan menarik hati selera. Simak yuk beberapa aneka resep kuliner tradisional berbahan telur rebus yang menarik hati selera berikut ini.

1. Telur asin

Siapa yang tak suka telur asin. Meski rasa asin pada kuliner tradisional sangat menonjol, namun dikala dimakan tetap terasa sangat menyenangkan, sebab cita rasa gurih telur angsa juga cukup kuat.


Kita juga mampu menciptakan telur asin di rumah. Bahkan materi dan bumbu yang dipakai sangat sederhana. Kendati demikian, balasannya tetap enak dan kalah dengan telur asin produksi Brebes maupun Tegal. Begini cara menciptakan telur asin masir.

2. Telur pindang

Satu dari aneka resep kuliner telur rebus yang tak boleh dilewatkan yakni telur pindang. Kuliner ini cukup unik sebab selain cita rasanya yang khas, presentasi telur pindang juga unik.


Karena dimasak dengan beberapa bumbu dan materi khusus, tekstur telur menjadi lebih padat dan lebih kenyal. Selain itu, warnanya juga menjadi lebih menyala.

Tak ayal jikalau kuliner tradisional yang satu ini juga banyak peminatnya. Berikut ini cara menciptakan telur pindang.

3. Telur balado


Pasti Anda sudah sering masak atau makan telur balado. Tapi jikalau Anda kurang puas dengan cita rasa telur balado yang selama ini pernah Anda makan di restoran atau buatan sendiri, tampaknya Anda wajib menyimak resep telur balado yang satu ini.

4. Telur masak petis


Orang Jawa Timur niscaya sudah sangat familier dengan telur masak petis. Ya, rasa petis yang khas memberikan kejutan tersendiri dikala materi utama yang dimasak yakni telur rebus, baik itu telur bebek, telur ayam, maupun telur puyuh. Referensi resepnya ada di sambal goreng telur petis.

5. Telur masak bumbu Bali


Nggak cuma ayam, bebek, atau ikan saja yang menjadi kuliner tradisional yummy nan menarik hati selera, jikalau dimasak dengan bumbu Bali, telur rebus juga tak kalah lezatnya. Ini resep telur rebus bumbu Bali yang yummy dan dijamin bikin ketagihan.

6. Sambal goreng telur

Aneka resep kuliner telur rebus selanjutnya yakni sambal goreng telur. Salah satu resep kuliner tradisional ini sudah barang tentu memberikan cita rasa pedas dan gurih yang khas.


Tak hanya enak disantap sebagai hidangan makan siang, sambal goreng telur juga cocok disantap untuk hidangan sarapan maupun makan malam. Referensi resepnya ada pada sambal goreng telur sederhana.

7. Rendang telur


Nah, sudah tiba tanggal tua, tapi tetap ingin masak rendang, tampaknya resep rendang telur paling lezat ini mampu diandalkan. Kita niscaya juga sama-sama tahu, dibanding daging-ayam, bebek, apalagi sapi-harga telur tentu jauh lebih murah.

8. Semur telur


Kalau kuliner tradisional yang satu ini paling cocok untuk anak-anak. Rasa yang gurih dan tidak pedas, niscaya akan menciptakan buah hati kita lebih lahap dikala makan.

Keunggulannya pun tak cuma sebatas itu. Selain dengan nasi putih hangat, semur telur lezat yang satu ini juga enak dimakan dengan bubur.

9. Terik telur


Presentasi kuah dari terik telur sangat mirip dengan kuah opor. Tapi, cita rasa tetap saja berbeda, meski memang keduanya menonjolkan rasa gurih, asin, dan manis.

Sama mirip semur telur, terik telur ayam ini juga cocok untuk belum cukup umur yang tidak suka makan kuliner pedas. Kita boleh juga menambahkan tahu dan tempe dikala memasak terik.

10. Gulai telur


Kini kuliner gulai bukan lagi dominasi kambing dan sapi. Telur ayam maupun telur angsa pun akan menjadi kuliner tradisional yang yummy jiga dimasak dengan aneka materi dan bumbu gulai. Referensinya mampu dilihat pada resep gulai telur ayam spesial.

11. Opor telur


Yang berikutnya yakni opor telur. Dibanding opor ayam, opor bebek, maupun opor daging sapi, tentu saja opor telur mempunyai keunikan cita rasa tersendiri.

Berikut rujukan resep opor telur dan tahu spesial. Sama mirip terik, dikala menciptakan opor telur, kita juga mampu menambahkan beberapa materi lain, mirip tahu dan tempe, atau bahkan udang.

Nah, itulah 11 aneke resep kuliner tradisional berbahan telur rebus yang menarik hati selera. Selamat mencoba ya!

Sumber https://vanessarachelssnapshots.blogspot.com
Sumber https://ariphiin.blogspot.com

0 comments