Cara Masak Telur Puyuh Bumbu Balado Pedas Agar Lebih Lezat Dan Tak Mudah Basi

Pasti Anda sudah tahu rupa serta rasa telur puyuh. Ya, materi kuliner yang satu ini kaya akan protein dan lemak. Meski ukurannya mungil, konon kandungan protein dan lemaknya jauh lebih tinggi ketimbang telur ayam maupun telur bebek. Tak ayal jikalau banyak orang menyarankan biar mengonsumsi telur puyuh jikalau ingin menambah berat badan.

Ada aneka macam kuliner yang mampu kita olah dari telur puyuh. Jika Anda pembaca setia , niscaya masih ingat jikalau beberapa waktu kemudian sudah pernah dibahas resep masak telur puyuh. Ya, sambal goreng telur puyuh dan masak oseng telur puyuh.

 Pasti Anda sudah tahu rupa serta rasa telur puyuh Cara Masak Telur Puyuh Bumbu Balado Pedas Semoga Lebih Enak Dan Tak Mudah Basi
masak telur balado bumbu balado pedas

Nah, satu lagi aneka resep kuliner telur puyuh yang wajib Anda ketahui, yaitu telur puyuh masak pedas dengan bumbu balado. Dibanding dua kuliner telur puyuh yang sudah disebut, tentu saja kuliner telur puyuh yang satu ini mempunyai kelezatan cita rasanya tersendiri.

Selain itu, dibagian tips nanti, juga akan dijelaskan bagaimana cara masak telur puyuh pedas bumbu balado biar rasanya lebih enak dan tak mudah basi. Yuk eksklusif simak mulai dari bahannya dulu.


Bahan masak telur puyuh pedas bumbu balado:
1. 40 butir telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas cangkangnya.
2. 270 mililiter air putih.
3. Minyak sayur untuk menggoreng dan menumis.

Bumbu balado:
1. Lengkuas seukuran 2 sentimeter, dimemarkan.
2. 1 lembar daun salam.
3. 4 lembar daun jeruk.
4. Garam, gula merah yang sudah dihaluskan, dan lada putih bubuk secukupnya.
5. 1 sendok teh kaldu ayam instan.
6. 1 sendok makan kecap manis.
7. 3 siung bawang merah, iris tipis, kemudian dicincang hingga lembut.

Bumbu balado yang dihaluskan:
1. 5 siung bawang putih.
2. 6 siung bawang merah.
3. 4 buah cabe merah besar, singkirkan bijinya.
4. 2 butir kemiri yang sudah disangrai.
5. 4 buah cabe merah keriting.

Pelengkap:
1. Daun kemangi.
2. Bawang merah goreng sebagai taburan.


Tips:
1. Agar tidak mudah bau dan mengatakan tekstur pada telur puyuh, sebelum dimasak dengan bumbu balado, disarankan biar telur puyuh digoreng terlebih dahulu hingga berkulit.
2. Selain itu, sebelum dihaluskan, beberapa bumbu seakan-akan cabai, bawang putih, dan bawang merah, wajib dikukus atau direbus terlebih dahulu hingga layu. Selain biar lebih tahan lama, cara ini juga untuk mencegah sakit perut ketika makan kuliner pedas, alasannya ialah ialah ialah cabe dan bumbu lain sudah benar-benar matang.
3. Jika menginginkan rasa yang lebih gurih, Anda mampu mengganti air putih dengan santan segar atau santan instan.
4. Telur puyuh masak pedas bumbu balado ini mempunyai rasa gurih dan elok yang menonjol, jadi perhatikan betul penggunaan gula merah dan garam.
5. Dibanding memakai gula pasir, lebih baik memakai gula merah alasannya ialah ialah ialah menciptakan kuliner terasa lebih sedap.
6. Selama proses memasak, disarankan memakai api kecil-sedang biar kuliner tanak, sehingga kuliner yang kita buat tidak mudah basi.


Cara masak telur puyuh pedas bumbu balado:
1. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
2. Goreng telur puyuh hingga berkulit, angkat, tiriskan, dan sisihkan.
3. Panaskan 6 sendok makan minyak sayur untuk menumis.
4. Tumis bumbu balado yang sudah dihaluskan hingga harum.
5. Tambahkan daun salam, lengkuas, dan daun jeruk, tumis hingga harum dan bumbu halus matang.
6. Tuangkan air putih, masak sambil diaduk hingga tercampur rata.
7. Tambahkan semua bumbu yang belum dipakai dan masukkan telur puyuh yang tadi sudah digoreng, masak dengan cara diaduk sesekali hingga matang dan meresap, angkat.
8. Susun di wadah saji, taburkan bawang merah goreng dan daun kemangi, telur puyuh pedas yang dimasak dengan bumbu balado sudah siap disantap bersama ikan goreng bumbu kunyit atau perkedel tahu dan wortel sebagai lauknya.

Dengan cara masak telur puyuh pedas bumbu balado seakan-akan ini, dijamin hasilnya lebih enak dan tak mudah basi. Selamat mencoba!

Sumber https://vanessarachelssnapshots.blogspot.com
Sumber https://ariphiin.blogspot.com

0 comments