Wow! Dengan Cara Dan Bumbu Sederhana Ini, Perkedel Kentang Buatan Kau Niscaya Jadi Lebih Enak

Orang Indonesia niscaya sudah tahu perkedel kentang. Ya, kuliner tradisional yang biasa dijadikan sebagai lauk soto ayam kuah bening khas Semarang atau soto seger khas Boyolali ini dibuat dari campuran kentang yang ditumbuk bersama bumbu tertentu.

Meski tergolong sederhana, tapi bisa dipastikan bahwa tidak semua orang bisa menciptakan perkedel kentang yang enak. Terlebih bagi Anda yang memang belum tahu cara dan bumbunya.

Nah, supaya Anda juga bisa menciptakan perkedel kentang yang enak, pada kesempatan ini akan mengulas resep perkedel kentang lengkap dengan cara membuatnya dan bumbu rahasianya supaya rasa perkedel kentang buatanmu nanti lebih enak.

perkedel kentang

Agar rasanya lebih legit dan gurih, cara yang sempurna adalah sebelum ditumbuk hingga lembut, kentang harus dikukus terlebih dahulu. Memang dengan menggoreng, menciptakan perkedel kentang memang jauh lebih praktis. Tapi, Anda tak akan mendapatkan tekstur perkedel kentang yang lembut, legit, dan gurih.

Ingin tahu lebih lanjut ihwal cara dan bumbu sederhana apa saja yang dibutuhkan untuk menciptakan pekedel kentang yang enak, eksklusif saja simak yuk ulasannya berikut ini!


Bahan:
1. 250 gram kentang, kukus hingga matang, tumbuk hingga lembut.

kentang dikukus hingga matang lalu ditumbuk hingga halus

2. 1 utas daun bawang, iris tipis.
3. 1 utas seledri, petik daunnya saja, lalu dicincang hingga lembut.
4. 2 butir telur ayam, kocok lepas.
5. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu sederhana untuk menciptakan perkedel kentang (dihaluskan):
1. 2 siung bawang putih.
2. Garam, gula pasir, dan lada putih abu secukupnya.
3. 1 sendok teh kaldu ayam instan.


Tips:
1. Jika tidak suka daun bawang atau seledri, Anda boleh tidak menggunakannya.
2. Jika ingin mendapatkan tesktur yang perkedel kentang yang lembut dan legit, tidak perlu menambahkan telur pada campuran perkedel kentang. Fungsi telur hanya untuk materi pelapis supaya ketika digoreng nanti perkedel kentang tidak pecah.
3. Sangan disarankan untuk memakai minyak sayur dalam jumlah cukup. Dan, pastikan minyak sayur sudah cukup panas ketika dipakai untuk menggoreng.
4. Jangan pernah memakai api besar ketika menggoreng perkedel kentang supaya cuilan luar tidak cepat gosong.
5. Fungsi gula di sini hanya sebagai penyeimbang rasa. Jadi, gunakan gula sedikit saja. Sebab, pada umumnya rasa yang cukup menonjol dari perkedel kentang adalah asin dan gurih.


Cara menciptakan perkedel kentang supaya teksturnya lembut dan legit serta rasanya lebih enak:
1. Masukkan perkedel yang sudah dihaluskan ke dalam wadah untuk menciptakan campuran perkedel kentang.
2. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk hingga tercampur rata.
3. Masukkan daun bawang dan seledri, aduk hingga tercampur rata.
4. Ambil campuran perkedel kentang, bulatkan, dan lalu pipihkan hingga mendapatkan ketebalan seolah-olah yang diinginkan.
5. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
6. Celupkan campuran perkedel kentang yang tadi sudah dibuat ke dalam telur kocok, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas.
7. Goreng campuran perkedel kentang hingga matang dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan. Lakukan langkah 6-7 hingga campuran perkedel kentang habis.
8. Pindah ke wadah saji, perkedel kentang sudah siap dihidangkan sebagai lauk. Bukan cuma soto, tapi juga cocok dijadikan sebagai lauk untuk nasi kuning rumahan cocok untuk hajatan serta nasi gandul khas Pati.

Dengan cara dan bumbu sederhana yang sudah dijelasan tersebut, dijamin perkedel buatan kau jadi lebih enak. Selamat mencoba dan biar bermanfaat! 

Sumber https://vanessarachelssnapshots.blogspot.com
Sumber https://ariphiin.blogspot.com

0 comments