Dijamin Anti Gagal! Ini Resep Ayam Geprek Lengkap Dengan Bumbu Dan Sambalnya

Belakangan mulai banyak orang yang tergila-gila dengan masakan berjulukan ayam geprek. Padahal, tak ada yang gres dari resep masakan ayam yang satu ini.

Ayam geprek sendiri terdiri atas 2 unsur masakan. Perpaduan dua unsur masakan ini menggabungkan unsur masakan modern dan unsur masakan tradisional. Unsur masakan modern bisa dilihat dari ayam goreng tepung, sedangkan unsur tradisional terlihat terang pada bumbu sambal ayam geprek itu sendiri.

Ternyata, perpaduan ini membuat cita rasa yang unik dan banyak disuka oleh pengecap masyarakat Indonesia. Cita rasa gurih dan tekstur krispi dari ayam goreng tepung terasa semakin nikmat disantap bersama cita rasa sambal yang juga gurih dan tentu saja pedas.

ayam geprek

Di sisi lain, ayam geprek tergolong masakan yang mudah untuk diaplikasikan atau dimsak. Nah, pada kesempatan ini akan mengulas resep ayam geprek lengkap dengan bumbu dan sambalnya. Dijamin anti gagal kalau resep ini diaplikasikan secara tepat. Yuk, eksklusif simak!


Bahan ayam goreng tepung:
1. 500 gram ayam, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. 150 gram tepung terigu protein sedang.
3. 2 sendok teh tepung sagu.
4. 100 mililiter air putih.
5. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu ayam geprek:
1. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
2. 2 sendok teh kaldu ayam instan.

Bahan dan bumbu untuk membuat sambal ayam geprek:
1. 1 siung bawang putih.
2. 25 buah cabe rawit merah.
3. Garam secukupnya.
4. 0,125 sendok teh kaldu ayam instan.


Tips:
1. Pastikan ayam masih dalam kondisi segar. Disarankan untuk memakai ayam dari jenis ayam broiler alasannya yakni yaitu yakni serat dagingnya tidak terlalu liat sehingga lebih cepat matang bila dimasak atau dipanaskan.
2. Pastikan minyak sayur sudah dalam kondisi cukup panas ketika digunakan untuk menggoreng. Dan, selama menggoreng disarankan untuk memakai api kecil biar matang merata. Selain itu, minyak sayur yang digunakan harus dalam jumlah banyak. Maksudnya minyak sayur yang digunakan harus bisa merendam seluruh kepingan ayam ketika digoreng.
3. Agar lebih kondusif dikonsumsi dan tak terlalu memicu sakit perut, sebelum diulek, goreng bawang putih dan cabe terlebih dulu hingga berminyak.
4. Sebagai pelengkapnya, kita bisa menyajikan bersama sayur asem dan tempe goreng tepung. Referensi resepnya bisa dilihat di resep sayur asem jagung putren kuah bening segar dan resep cara membuat tempe goreng tepung ala KFC crispy.


Cara masak ayam geprek lengkap dengan sambalnya:
1. Masukkan 50 gram tepung terigu ke dalam wadah untuk membuat campuran pencelup ayam goreng tepung.
2. Tambahkan tepung sagu, garam, dan 1 sendok kaldu ayam instan serta tuangkan air, aduk hingga licin, sisihkan.
3. Masukkan sisa tepung ke dalam wadah untuk membuat adoan pelapis ayam goreng tepung.
4. Tambahkan tepung sagu dan semua bumbu, aduk hingga tercampur rata.
5. Celupkan pecahan ayam ke dalam campuran pecelup, angkat.
6. Guling-gulingkan pada campuran pelapis sambil dicubit kecil di permukaan terluarnya untuk membuat tektur renyah pada masakan ini.
7. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
8. Masukkan pecahan ayam yang sudah dilapisi campuran tepung ke dalam minyak sayur panas, goreng hingga berwarna coklat keemasan dan matang, angkat, tiriskan, dan sisihkan.
9. Haluskan semua materi dan bumbu untuk membuat sambal ayam geprek dengan cobek dan ulekan, siram dengan minyak sayur panas.
10. Tambahkan ayam goreng tepung, dan kemudian digeprek-geprek.
11. Pindah ke wadah saji, ayam geprek lengkap dengan sambalnya sudah siap dinikmati.

Adapun resep ayam goreng tepung lengkap dengan sambalnya ini cocok untuk 2 porsi.

Sumber https://vanessarachelssnapshots.blogspot.com
Sumber https://ariphiin.blogspot.com

0 comments